Selasa, 14 Januari 2014

PRINSIP & FUNGSI Manajemen



Prinsip manajemen adalah pijakan dasar atau pedoman dasar atau dasar yang di gunakan untuk melaksanakan suatu tindakan atau suatu pekerjaan atau melaksanakan suatu prosedur tentu di salam mengelola suatu organisasi.
Henry Fayol menyebutkan unsur prinsip manajemen sebagai berikut :
1.    Pembagian kerja
2.    Disiplin
3.    Kesatuan komando
4.    Pengagajian dan pengupahan
5.    Menempatkan kepentingan individu di bawah kepentingan organisasi
6.    Sentralisasi
7.    Garis wewenang
8.    Perintah
9.    Persamaan
10. Stabilitas masa jabatan pegawai
11. Inisiatif
12. Kesatuan pengarahan
13. Semangat kelompok
14. Perbadaan
15. Efektifitas
16. Efisensi
17. Pragmatis

Fungsi Manejemen
            Fungsi manajemen yang di usulkan oleh beberapa para pakar manjemen seperti berikut :
Nama Pakar
Unsur Fungsi Manajemen
George A Terry
Planning, Organizing, Actuating, & Controling
Haimann & Scot
Planning, Organizing, Staffing, Influencing, & Controling
Henry Fayol
Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, Reporting & Budgeting
Koontz & O’Donnel
Planning, Staffing, Directing, & Controling
Louis A Allen
Leading, Planning, Organizing, & Controling
Lutter Gullich
Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Reporting & Budgeting
Lyndal F Urwick
Forecasting, Planning, Organizing, Commanding, Coordinanting, & Controling
William H Newman
Planning, Organizing, Assembling, Resources, Directing, & Controling
Jika disimpulkan para pakar tersebut maka pada dasarnya fungsi manajemen adalah:
Forecasting, Planning, Organizing, Staffing, Actuating, Commanding, Coordinating, Influencing,Assembling, Resources, Directing, Reporting, Budgeting & Controling.

Penjelasannya :
1.    Forecasting ( Peramalan)
Proses mengestimasikan berbagai kejadian, tarnsaksi atau tindakan di masa
yang akan datang dengan menggunakan data atau informasi di masa lalu.
Metode peramalan ada 4 macam yaitu :
a.    Metode Hunches
b.    Metode Survei Pasar
c.    Metode Analisis Serial Waktu
d.    Analisis dengan Model Ekonometrika

2.    Planning ( Perencanaan)
Perumusan dini atau perumusan di mukaterhadap berbagai tindakan yang akan di lakukan di masa yang akan datang.
Rencana dalah setiap rincian dari perumusan di muka untuk mencapai tujuan tertentu.
Unsur Perencanaan :
a.    Tujuan
b.    Tindakan
c.    Sumber Daya
d.    Implementasi
e.    Evaluasi
Arti penting perencanaan, meliputi :
Ø  Koordinasi upaya (usaha)
Ø  Persiapan karena adanya perubahan
Ø  Pengembangan standar kinerja
Ø  Pengembangan manjemen
Ø  Adanyan kehati-hatian
Ø  Adanya keterpaduan
Ø  Rencana VS Perencanaan
Macam-macam Perencanaan
·         Perencanaan Menurut waktu
·         Perencanaan Menurut fungsi
·         Perencanaan Menurut pusat pertanggungjawaban
·         Perencanaan Menurut penggunaan
·         Perencanaan dalam kaitannya dengan strategi
Langkah di dalam menyusun Perencanaan
Manfaat Rencana :
1.    Dengan adanya rencana maka organisasi mempunyai standard an arah yang jelas yang hendak di capai yang akan mengarahkan anggota organisasi kepada suatu tujuan yang telah di tetapkan.
2.    Rencana menghilangkan ketidakpastian sebab dengan adanya rencana maka semua orang yang ada dalam organisasi akan sangat mengetahui dan menyadari tentang hak dan kewajiban yang akan di lakukan.
3.    Rencana akan dapat  menghilangkan kinerja yang produktif, efektif dan efesien sehingga pengeluaran beban organisasi akan menjadi ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar